Komunitas #OrangBaik

PEMBINA

Goris Mustaqim

Goris Mustaqim adalah seorang social entrepreneur yang meyakini pembangunan daerah menjadi kunci untuk kemajuan Indonesia yang merata. Sebagai wujud nyata kecintaannya pada kampung halamannya di Garut, ia mendirikan Yayasan Asgar Muda yang berkhidmt pada pembinaan dan aktualisasi generasi muda untuk kesejahteraan masyarakat. Lebih jauh ia juga membidani berbagai inisiatif seperti pembinaan wirausaha pemuda yang memanfaatkan potensi lokal, Lembaga Keuangan Mikro Syariah atau Baitul Mal Wa Tanwil, dan Koperasi petani kayu. Goris meyakini pembangunan yang bertumpu pada kapasitas manusia adalah kunci pembangunan yang berkelanjutan. Hal ini ia alami dalam pengalaman belajar dan turut mendampingi berbagai pemberdayaan masyarakat di pelosok Nusantara sebagai konsultan di Semut Nusantara. Sejak lama ia prihatin dengan tingginya angka kematian Ibu, bayi, dan kasus gizi buruk di Garut. Inspirasi dari pesatnya zaman data membuatnya meyakini hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah tragedi kemanusiaan tersebut berulang. Bagi Goris Rumah Sehat adalah salah satu jihadnya untuk generasi masa depan bangsa yang lebih sehat dan unggul. Misinya adalah memperluas inisiatif ini ke berbagai daerah lain sebagaimana sekarang telah dimulai dengan kolaborasi bersama AMS dan Dompet Dhuafa.

 

DEWAN PAKAR

dr Achmad mediana, Sp.og

dr. achmad mediana Sp.OG adalah dokter entrepreneur yang telah mendedikasikan 23 tahun hidupnya sebagai dokter kandungan. Kariernya yang mapan tak membuatnya puas diri, ia selalu tergerak untuk berbagi bersama beberapa organisasi di mana ia terlibat seperti Lions Club, Perinasia dan beberapa komunitas yang rutin mengadakan program sosial. Selain praktek di berbagai Rumah Sakit terkemuka di Jakarta beliau juga menjalankan klinik sendiri dan mendirikan perusahaan yang bergerak dalam bidang Kesehatan dan Pendidikan yang ia percayai bahwa dua hal tersebut tidak bisa dipisahkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa. dalam bidang kesehatan ia fokus dengan siklus kehidupan seorang ibu dari mulai sebelum menikah, hamil, setelah melahirkan, sampai pemantauan dari anak -anak yang sudah dilahirkan, bahkan menopause. Dalam hal ini juga setiap siklus tersebut di support dengan program- program seperti pelatihan keahlian untuk kebidanan, jasa perawatan di rumah untuk bayi dan lansia, serta sistem yang berbasis aplikasi untuk pelaporan tumbuh kembang bayi (memobayi).  Kesamaan visi untuk menurunkan Angka Kematian Ibu yang tinggi serta menyiapkan generasi masa depan unggul telah mempertemukan dr. Achmad dengan suami dari pasiennya saat praktek, yaitu Goris Mustaqim. Ia meyakini tak ada yang tanpa kehendak pengaturan Allah SWT. Ia meyakini upaya Rumah Sehat Garut akan menyebar ke berbagai daerah lain untuk juga diikuti dengan riset dari berbagai data temuan tadi yang kelak menjadi ilmu atau kebijakan yang bisa diwariskan untuk bangsa ini.

Gustomo Panantro, Sp.A

Gustomo Panantro, Sp.A adalah dokter spesialis anak yang meyakini bahwa untuk memecahkan masalah gizi buruk dan stunting pada anak diperlukan upaya preventif sejak dini serta kolaborasi lintas sektor. Hal tersebut yang mendasari keterpanggilannya bergabung sebagai Pembina di Rumah Sehat Garut. Edukasi rutin dilakukan kepada anggota keluarga serta orang tua bayi dan anak yang berada dalam database RSG, beliau juga memberikan saran serta memonitor langsung perkembangan bayi-bayi yang mengalami kasus tersebut. Dr Nanto, begitu beliau biasa disapa menamatkan pendidikan spesialisnya di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro pada 2015. Setelah sempat bertugas di berbagai daerah di Indonesia, termasuk PTT di Mamuju, Sulawesi Barat, akhirnya beliau tergerak utk mengaplikasikan keilmuannya di daerah yg sering disebut sebagai “swiss van java” ini.

drg. Minessa Mahardika

drg. Minessa Mahardika seorang dokter gigi yang memiliki passion di bidang Laktasi. Beliau berkarier di RSUD dr. Slamet Garut setelah bertugas selama 4 tahun di RSUD Koja Jakarta Utara. Beliau adalah certified counselor serta senior facilitator dari Sentra Laktasi Indonesia (SELASI). Di sela-sela waktu luangnya beliau membudidayakan sayuran hidroponik bersama suami tercinta di rumahnya yang asri di Garut. Tergerak oleh masih rendahnya kesuksesan ASI ekslusif di masyarakat pra sejahtera,  drg. Minessa rutin membantu RSG dalam hal konseling laktasi bagi ibu-ibu hamil dan menyusui.

dr. Sakinah Ginna R

Sakinah Ginna R yang lebih akrab dengan sapaan dr. Ginna adalah dokter muda asgar (asli Garut). Setelah menyelesaikan pendidikannya dari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ia kembali ke kota kelahirannya,  untuk mengabdikan diri di almamater tercinta Klinik Darul Arqam Muhammadiyah Garut. Minatnya terhadap pemberdayaan masyarakat ia curahkan melalui SSR Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah, program penanggulangan penyakit Tuberkulosis berbasis kader komunitas. Satu tahun terakhir ia juga didaulat menjadi salah satu anggota Dewan Pembina Rumah Sehat Garut (RSG). “Senang sekali bisa bergabung di RSG, melakukan edukasi dan pemeriksaan usg ibu hamil pra sejahtera setiap bulan adalah hal yang luar biasa. Membantu memberikan pencerahan kepada mereka agar dapat menjalankan program 1000 hari pertama kehidupan buah hatinya dengan baik. Untuk membangun generasi unggul harus dimulai dari ibu hamil sehat dan cerdas.” Ujarnya. Menurutnya kebahagian dan kerbekahan akan didapat bila bisa  berbagi dan bermanfaat untuk orang lain. “Belajar, berbagi, dan menginspirasi” menjadi moto hidupnya.