Apa itu SNGI ?

Saving Next Generation Institute atau SNGI adalah platform gerakan edukasi kesehatan ibu dan anak sejak dalam kandungan hingga berusia 18 tahun.

SNGI didirikan oleh Goris Mustaqim, Dompet Dhuafa dan AMS yang memiliki fokus pada pengumpulan data kehamilan dan tumbuh kembang anak, pendalaman kajian dan pembentukan model intervensi berbasis data. Selain itu, SNGI berperan aktif menjadi wadah kolaborasi serta kampanye Gerakan peduli Ibu dan Anak berbasis masyarakat.

Baik RSG, SNGI dan program turunan lainnya berlandaskan kesadaran pembentukan mind set sehat sebagai gerakan yang terbuka, non partisan, independen, akuntabel dan transparan yang mengelaborasi kapasitas profesi, akademisi, media, pemerintah dan sektor privat lainnya.

RSG dirancang sebagai pusat edukasi kesehatan bagi para ibu hamil dan menyusui serta anak balitanya yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Dalam programnya RSG bekerjasama dengan puskesmas, posyandu, tenaga kesehatan, kader kesehatan di masyarakat dengan beragam inovasi seperti peningkatan kapasitas, program, penguatan data dan analisis kehamilan, penggunaan sistem informasi, akses ke dokter, dan pemberdayaan. Sebagai pilot, RSG telah berjalan sejak 2015 di Wilayah Guntur, Kecamatan Garut Kota, yang mencakup Kelurahan Kotawetan, Ciwalen, dan Sukamentri. Adapun pertimbangan yang mendasari pemilihan lokasi tersebut karena merupakan salah satu kawasan terpadat di Kota Garut, tingkat pendidikan Ibu yang rara-rata SD & SMP, konsentrasi masyarakat pra sejahtera, yang juga menghadapi masalah terkait pencemaran limbah kulit yang tentunya sangat rawan mempengaruhi tingkat kesehatan Ibu dan Anak.