RSG Gandeng Akbid YPSDMI, Berupaya Minimalisir AKI-AKB

UNTUK meminimalisir Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI- AKB) serta kasus giji buruk, sejak akhir tahun 2016 Rumah Sehat Garut (RSG) bekerjasama dengan Applicative Medicalcare System (AMS) dan Dompet Dhuafa menginisiasi program Saving Next Generation Institute (SNGI).

Direktur Akbid YPSDMI Garut, Novi Irma Megawati, M.Keb, menjelaskan,  program itu bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Garut dengan memfokuskan diri pada edukasi berbasis data yang dimonitor oleh para dokter secara online.

“Upaya itu diharapkan bisa mendeteksi risiko kehamilan sejak dini sehingga bisa ditindaklanjuti dengan berbagai intervensi,” katanya, Kamis (19/10/2017) di ruang kerjanya.

Novi mengungkapkan, beberapa intervensi kesehatan yang telah digulirkan antara lain pemeriksaan USG oleh dokter kandungan, pemeriksaan golongan darah & Hb, beragam penyuluhan & edukasi, konseling laktasi, kebun gizi (hidroponik), dan monitoring penyandang status gizi buruk.

“Dalam mengimplementasikan program SNGI, Rumah Sehat Garut bermitra bersama kader-kader Posyandu, Puskesmas Guntur, Dinas Kesehatan, dan dokter relawan,” ujarnya.

Ditambahkannya,  upaya tersebut tidak akan berkembang dan berdampak lebih luas jika tak didukung oleh lembaga pendidikan kesehatan, terutama institusi pendidikan kebidanan.

“Oleh karena itu RSG menjajaki kerjasama dengan institusi Akbid YPSDMI selaku lembaga pendidikan kebidanan yang memiliki fokus sama yaitu meningkatkan kesehatan ibu dan anak,” jelasnya.

Adapun bentuk kerjasama yang akan dijalankan, lanjut Novi,  dalam bentuk edukasi mengenai kesehatan ibu dan anak dengan sasaran kader kesehatan dan ibu hamil.

Diungkapkannya, RSG mengagas program Prenatal Academy yang pelaksanaannya ke depan akan dikerjasamakan dengan pihak Akbid YPSDMI.

“Program ini diluncurkan salah satunya adalah untuk memfasilitasi atau mendampingi kebutuhan persiapan setiap ibu muda dalam menghadapi kehamilannya dan mempersiapkan perannya menjadi orang tua,” beber Novi.

Source : https://www.porosgarut.com/2017/10/19/rsg-gandeng-akbid-ypsdmi-berupaya-minimalisir-aki-akb.html

Leave a Reply